UMKM YDBA Tampilkan Produk Kualitas Ekspor di Trade Expo Indonesia 2024

10/15/2024 12:44:00 AM

UMKM-Binaan-YDBA-Trade-Expo-Indonesia

Trade Expo Indonesia 2024 telah digelar beberapa waktu lalu di ICE BSD. Pagelaran produk-produk dari seluruh Indonesia dari berbagai bidang usaha menjadi primadona dalam expo ini, tak terkecuali produk dari UMKM (Usaha Menengah, Kecil dan Mikro) dari Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan Desa Sejahtera Astra di Hall 3A. YDBA merupakan CSR dari Astra International Tbk yang terfokus dalam bidang pelatihan UMKM menuju kemandirian. Hingga Desember 2023, YDBA telah membina sekitar 13.082 UMKM dengan 74.146 tenaga kerja yang dilibatkan dalam produksi tersebut. 

UMKM yang dibina pun tidak hanya manufaktur dan bengkel umum, namun sektor pertanian, kuliner, dan kerajinan pun turut dikembangkan dan diberikan ruang untuk diberikan pelatihan, rebranding dan melakukan berbagai inovasi sehingga dihasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing serta berkualitas ekspor. 

Produk UMKM Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Kualitas Ekspor

Produk-UMKM-YDBA-Kualitas-Ekspor
Dokumentasi : salmanbiroe.com

Di Booth SATU Indonesia Astra dalam Trade Expo Indonesia 2024, ditampilkan berbagai produk dari UMKM binaan YDBA dan Desa Sejahtera Astra. YDBA menampilkan beberapa UMKM binaan yang bergerak dalam berbagai bidang seperti kuliner, herbal, kopi, kerajinan tangan dan lainnya. 

Abon Ayam dan Sapi dari PS Mas


PS Mas, dari namanya yang mengandung unsur Mas, ternyata UMKM ini berasal dari Solo. Usaha abon ayam dan sapi ini ternyata turun temurun dari generasi sebelumnya. Hammam Abur Rasyid, seorang pemuda dari Solo merupakan generasi ketiga yang melanjutkan usaha dari Kakek dan Ayahnya. Dalam perjalanan usaha, produksi yang semula menggunakan cara tradisional, kini telah menggunakan mesin produksi. Dengan penggunaan mesin tersebut, maka kapasitas produksi pun meningkat sehingga mampu memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat. 

PS Mas mampu memberdayakan masyarakat setempat dalam proses produksinya mulai dari proses penggilingan dan packing. Tak hanya melakukan inovasi dalam proses produksi, Hammam juga melakukan inovasi dalam packing. Kemasan abon ayam dan sapi mengalami peningkatan sehingga tampilan produk semakin modern dan tahan lama. Kini Abon PS Mas telah merambah ke toko online sehingga bisa dipesan dan dikirim ke seluruh Indonesia. Kedepannya, tentu saja akan memidik pasar internasional, amin. 

Informasi Abon PS Mas : 

Minuman Hebal Modern Ing Pawon

Minuman-Herbal-Ing-Pawon

Selama ini minuman herbal sangat kental dengan unsur tradisional. Kesan kuno dari minuman herbal ternyata ditepis oleh Ing Pawon. UMKM binaan YDBA ini mampu menyulap dan memberikan kesan modern dalam minuman herbal. Rempah-rempah yang melimpah di Indonesia mampu diubah dan dikemas dengan modern sehingga mampu bersaing pasar nasional dan internasional di Trade Expo Indonesia 2024. 

Produk minuman instan dalam kemasan sachet dan botol pun sangat menarik minat bukan hanya masyarakat Indonesia namun pengunjung dari luar negeri. Dengan segudang manfaat dari minuman herbal tersebut, bukan tidak mungkin Ing Pawon kedepannya bisa mengeskspor produknya sampai ke mancanegara. 

Informasi minuman herbal Ing Pawon

Batik KarieNina Art 


Batik, kain tradisional asli dari Indonesia khususnya di pulau Jawa ini telah hadir ratusan tahun lalu. Dalam perkembangannya, Batik kini memiliki ragam motif dan teknik pembuatan yang semakin modern. Salah satu UMKM binaan YDBA, Batik KarieNina Art merupakan salah satu pelestari Batik yang menghadrikan berbagai produk tidak hanya kain tetapi kemeja dan pakaian untuk wanita dan pria. 

Usaha pelestarian warisan budaya asli dari Indonesia ini patut diapresiasi dan dikembangkan, YDBA pun melakukan pendampingan dan pelatihan sehingga Batik KarieNina Art ini telah memiliki toko offline dan kini telah dijual melalui online.  

Informasi Batik KarieNina Art 

Kopi Herbal Dari Hofi 


Pasak bumi, cukup populer sebagai peningkat stamina bagi pria. Ditangan Hofi, pasak bumi diracik dengan kopi lokal sehingga menjadi kopi favorite bagi kaum pria. Hofi melihat peluang herbal seperti pasak bumi dan jahe serta herbal lain dan dikombinasikan dengan kopi lokal sehingga memiliki keunikan tersendiri. 

Arsani adalah sosok dibalik produk Hofi. Bisa dibilang Arsani inilah pelopor inovasi unik dengan memadukan kopi dengan campuran bahan-bahan herbal, Ia tinggal di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. 

Awalnya, Arsani hanya ingin membuat nilai tambah gula aren meningkat, sehingga melakukan inovasi dari tahun 2014. Tabalong terkenal dengan produk gula aren, dengan racikan bersama kopi, maka terciptalah Hofi. Kopi yang digunakan adalah kopi robusta yang berasal dari Tabalong, Kalimantan Selatan. Dengan produk ini, Arsani pun turut memberdayakan petani kopi di daerah tersebut. 

Informasi Kopi Hofi 

Kerajinan Kain, Nena Collection 


Tas, dompet, gantungan kunci, pounch, dan berbagai produk lainnya dihasilkan oleh Nena Collection. Kain berbagai motif diubah menjadi produk aksesoris pelengkap fashion, biasanya wanita sangat suka dengan produk pelengkap untuk mempercantik dalam berbagai tampilan. Nena Collection mampu memenuhi kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan kain dan potongan kain yang disulap menjadi berbagai produk tersebut. 

Desa-Sejahtera-Astra-Bandeng-Salto-Pemalang

Selain UMKM binaan YDBA, terdapat Desa Sejahtera Astra berbagai wilayah di Indonesia seperti Bandeng Salto dari Pemalang dan Kopi Tjolo dari Desa Sejahtera Pattimura, Kudus. Keduanya merupakan Desa penghasil produk-produk dari tambak dan pertanian. 

Bandeng Salto berasal dari Ulujami, Pemalang, merupakan salah satu kabupaten penghasil Bandeng Punggung Hitam. Budidaya ikan bandeng ini dilakukan di perairan payau disekitaran tanjung, daratan yang menjorok ke laut, dan akhirnya bandeng punggung hitam pun berhasil dikembangkan disekitaran manggrove. Kini, Ulujami mampu menghasilkan 25 ton ikan bandeng punggung hitam dan diolah menjadi berbagai produk seperti bandeng salto, salai bandeng, bandeng kriuk dan lain-lain. 

Daerah Muria yang sangat luas ternyata menghasilkan beberapa produk unggulan yaitu komoditas kopi dan nanas. Desa Sejahtera Astra Pattimura, menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik seperti Anarkopi, Kopi Muria Zayna, Kopi Tjolo, Kopi Alpukat Tjolo, Pineapple Syrup, dan produk lainnya. 

Informasi Yayasan Dharma Bhakti Astra

You Might Also Like

0 Comments