Bandeng Salto : Inovasi Pemberdayaan Tambak Masyarakat, Ikon Oleh-Oleh Khas Pemalang

10/13/2024 05:07:00 AM

Bandeng-Salto-Ulujami-Pemalang
Dokumentasi : Facebook Bandeng Salto

Ulujami, sebuah kecamatan di Kabupaten Pemalang. Kota di pesisir pantai utara ini memiliki daratan yang menjorok ke laut, atau di kenal dengan tanjung. Proses pembentukan tanjung disebabkan oleh erosi yang mengikis garis pantai sehingga tak beraturan. Ulujami adalah salah satu tanjung di Pemalang. Dengan topografi tersebut, Ulujami pun dikenal sebagai sentra tambak ikan. 

Pertemuan antara air laut dan air sungai membuat air di Ulujami menjadi payau. Sebetulnya, air payau tidak menjadi kendala, karena ikan pun bisa hidup dengan kondisi air tersebut, salah satunya adalah ikan Bandeng. Budidaya ikan Bandeng inilah menggerakan ekonomi masyarakat Ulujami. 

Pada awalnya, budidaya ikan Bandeng dilakukan secara otodidak oleh petani. Mulai dari menyebar bibit, proses pemeliharaan dan panen, namun terkendala proses pemasaran dan distribusi yang kurang optimal. Harapan ikan Bandeng bisa menopang ekonomi pun terhambat, sehingga perlu dilakukan peningkatan mulai dari awal hingga panen serta proses distribusi. 

Ikan Bandeng Punggung Hitam, Komoditas Penggerak Ekonomi di Ulujami, Pemalang 

Bandeng-Salto-Ulujami-Pemalang
Dokumentasi : Facebook Bandeng Salto

Tambak BUMDesa bersama dan Petani ikan di kecamatan Ulujami, Pemalang kemudian berupaya meningkatkan dan mengembangkan budidaya ikan Bandeng Punggung Hitam. Ikan Bandeng Punggung Hitam adalah salah satu jenis ikan Bandeng yang cocok dengan air payau di wilayah tersebut. 

Ikan Bandeng punggung hitam ini salah satu jenis ikan yang mudah dibudidayakan, dan pakannya pun sangat mudah. Beberapa hal pertimbangan memilih budidaya ikan Bandeng adalah sebagai berikut :
  • Induknya memiliki fekunditas yang tinggi dan teknik pembenihannya telah dikuasai sehingga pasok nener tidak tergantung dari alam
  • Bersifat eurihalin serta bersifat herbivora, tetapi dapat juga menjadi omnivora dan tanggap terhadap pakan buatan 
  • Teknologi budidayanya relatif mudah 
  • Pakan relatif murah dan tersedia secara komersial
  • Tidak bersifat kanibal sehingga aman bagi lingkungan 
  • Dapat dibudidayakan secara polikultur dengan komoditas budidaya payau, seperti udang, rumput laut dan kekerangan. 
Dengan pertimbangan tersebut, masyarakat Ulujami, Pemalang pun membudidayakan ikan Bandeng punggung hitam sebagai komoditas unggulan. Bukan tanpa sebab ikan Bandeng ini menjadi salah satu komoditas, karena memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. 

Beberapa manfaat mengkonsumi Bandeng Salto antara lain adalah 
  • Mencerdaskan otak dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak karena mengandung protein tinggi dan omega 3. 
  • Kaya vitamin B1 atau Tiamin.
  • Merawat kesehatan tulang dan gigi karena mengandung kalsium, magnesium dan foster. 
  • Menjaga daya tahan atau imun tubuh karena mengandung vitamin A dan zat besi.
  • Menurukan kolesterol karena mengandung asam lemak esensial.
  • Dapat mencegah anemia karena mengandung vitamin B12.

Bandeng Salto, Pemberdayaan Tambak Masyarakat Ulujami, Pemalang

Dokumentasi : Facebook Bandeng Salto

Dengan kemitraan antara tambak BUM Desa bersama dan tambak petani ikan Bandeng Ulujami Pemalang dengan Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN), Kelompok Pengolahan Ikan dan Pemasar (POKLAHSAR) dan TPI serta kelompok lain, budidaya ikan Bandeng pun kian berkembang. Bahkan pada saat ditetapkan sebagai Kampung Berseri Astra, kapasitas produksi pun sebesar 1000 kg per hari dan 20.000 pcs per bulan. 

Warga pun sangat antusias pada saat Festival Bakar Bandeng diselenggarakan pada saat hari jadi Pemalang ke 449 di Ulujami. Tak tanggung-tanggung, 1 ton ikan Bandeng Salto disiapkan untuk memeriahkan acara tersebut dengan harga cukup murah seharga 10.000 Rupiah saja. 

Festival Bakar Bandeng ini merupakan salah satu upaya pemasaran dan pengenalan Bandeng Salto sebagai salah satu ikon oleh-oleh khas Pemalang yang diproduksi oleh petani tambak asal Ulujami. Bukan hanya Bandeng segar semata, namun Bandeng Salto memiliki varian produk yang menjadi pilihan pada saat mampir di Pemalang.

Beberapa produk Bandeng Salto yang bisa dibeli pada saat mampir ke Pemalang, atau bisa juga dibeli melalui online sebagai berikut : 

Bandeng Presto 

Bandeng Presto diproses menggunakan teknik khusus untuk menciptakan daging lembut dan tulang lunak dengan menggunakan campuran bumbu-bumbu rempah khas Nusantara. 

Salai Bandeng (Asap Cabut Duri)

Salai Bandeng Cabut Duri merupakan sumber protein yang baik dan banyak mengandung vitamin dan mineral penting. Dimasak dengan pengasapan menggunakan arang kelapa sehingga rasa asap ikannya menjadi sangat lezat. 

Bandeng Kriuk (Salted Milkfish) 

Bandeng Kriuk merupakan olahan khas Pemalang, ikan dibelah dan dibumbui dengan garam sebelum dikeringkan di bawah sinar matahari. Proses ini membuat ikan menjadi lebih kriuk dan gurih.

Abon Rendang 

Abon Bandeng adalah produk turunan dari Bandeng Salto, Abon ini menghadirkan citarasa gurih yang lembut dan kaya nutrisi. Cocok dinikmati dengan nasi hangat, roti atau sebagai cemilan praktis keluarga. 

Kepiting Soka Pemalang

Kepiting Soka, adalah salah satu kepiting khas dari Pemalang dengan daging lembut dan cangkang dapat dimakan dan cocok disajikan dalam berbagai hidangan daei gorengan crispy hingga saus tiram. 

Bandeng Salto membuat masyarakat Ulujami meningkat dari segi ekonomi dengan pengembangan tambak petani dan pembinaan dari berbagai kalangan termasuk dari Astra, sebagai bagian dari Sejahtera bersama Bangsa dengan empat pilar yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. 

Referensi : 
- www.facebook.com/bandengsalto
- https://suksespedia.id/budidaya-ikan-bandeng/
- https://www.infopublik.id/kategori/nusantara/656534/bandeng-jadi-komoditas-penting-di-pemalang
- https://impresife.com/festival-bakar-bandeng-pemalang-bayar-rp-10-ribu-dapat-bandeng-segar/

You Might Also Like

0 Comments