Perjalanan Anugrah Jaya Mandiri : Dari UMKM Tumbuh Menjadi Pilar Pemberdayaan Masyarakat

9/30/2024 07:22:00 PM

CV-Anugrah-Jaya-Mandiri-Pabrik-Bogor

Pohon rindang, walaupun musim kemarau tetap menjadi pelindung bagi tanaman-tanaman kecil dibawahnya. Seperti itu pula, perjalanan dari CV Anugrah Jaya Mandiri dari UMKM kecil, kini tumbuh menjadi perusahaan yang memberdayakan masyarakat sekitar. Pak Agus Mulyana, pendiri perusahaan ini awalnya tidak percaya diri untuk menjadi bagian dari Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), namun dengan bekal keyakinan dan kenekatan, akhirnya pada tahun 2016 secara resmi menjadi UMKM binaan YDBA. 

Pohon itu belum rindang, namun tetap tumbuh. Mulanya Pak Agus Mulyana mengeluti bidang kuliner, namun karena belum membuahkan hasil, akhirnya memberanikan diri memulai usaha dibidang yang baru yaitu Wire Part Bending (Automotive). Usaha ini merupakan usaha sanak saudara, bahkan Pak Agus tidak memiliki pengalaman sama sekali. 

CV Anugrah Jaya Mandiri, Berawal Dari Ruangan 4 x 5 Meter 

Anugrah- Spring-CV-Anugrah-Jaya-Mandiri
Pabrik Anugrah Spring tahun 2010 (Doc. : Profile AJM 2010-2024)

UMKM yang bergerak dalam Supplier dan Manufaktur Wire Part Automotive Component dan Proses Stamping untuk elektronik dan electric Component ini bermula dari ruangan dengan ukuran 4 x 5 meter. Ruangan ini pun menampung produksi dengan kondisi dibawah ruangan tersebut, septic tank. Jika hujan tiba, maka terbayang bagaimana kondisi ruangan bocor dan kotor. 

Dengan kondisi seperti itu, Pak Agus tetap melanjutkan usahanya yang dulunya merupakan usaha yang dirintis oleh Alm. Bapak Cucun Sukmaja, orang tua dari Pak Tatang Arifin dan Ibu Sandra Susanti. Pada tahun 2012, inilah ketiganya mendirikan CV Anugrah Jaya Mandiri. Mulanya hanya mengerjakan Spring Zig-zag dan spring coil, kini merambah ke produk Wire Part Bending.  

Akhirnya pada tahun 2011 pindah ke ruangan yang lebih besar sekitar 90 m2, dan kemudian terus berkembang dan ketempat yang lebih luas untuk menapung seluruh mesin dan hasil produksi. Awal merintis pun, karyawan hanya berjumlah 3 orang dan kemudian berkembang menjadi 6 orang. 

"Pada tahun 2012, karyawan saya hanya 6 orang. Dan, saat itu belum berani mendaftar ke YDBA," Ungkap Pak Agus Mulyana di Kantor YDBA, Jl. Gaya Motor 1 No. 10, Sunter. 

CV-Anugrah-Jaya-Mandiri-2012
Pabrik Anugrah Spring tahun 2012 (Doc. : Profile AJM 2010-2024)

Produksi pun masih mengandalkan mesin manual dan mulai dengan 4 jenis produk dengan melayani 1 customer saja. Usaha ini pun dimulai dengan modal yang tak sampai 1 juta Rupiah. Walaupun tidak memiliki pengetahuan dalam bidang usaha, Pak Agus belajar dari kolega sampai akhirnya mampu memproduksi produk tersebut. 

"Terkadang ada perasaan takut dan tidak percaya diri sebelum mendaftar ke YDBA," Pak Agus Mulyana mengungkapkan saat sebelum proses mendaftar ke YDBA. 

Perasaan takut dan tidak percaya diri itu hanya pikiran saja, dan hal itu ditepis saat proses pendaftaran. Dan, akhirnya ketakutan itu pun tidak terjadi, pada tahun 2016, CV Anugrah Jaya Mandiri resmi bergabung sebagai binaan YDBA sebagai UMKM Madya. 

"Menjadi binaan YDBA itu sangat mengguntungkan. Banyak untungnya, mulai dari pelatihan, pendampingan, dan networking," Puji Pak Agus Mulyana. 

Pendampingan-Pelatihan-YDBA
Pendampingan dan Pelatihan YDBA (Doc : CV Anugrah Jaya Mandiri)

Semenjak bergabung dengan YDBA, bukan hanya pelatihan saja yang diberikan, melainkan pendampingan dan networking. Sejalan dengan program Ayah Angkat dari YDBA. Program ini memberikan pembinaan kepada UMKM agar menghasilkan produk sesuai dengan standar quality, cost, delivery(QCD) yang ditetapkan oleh Ayah Angkat, dan memberikan kesempatan UMKM untuk menjadi vendor/supplier setelah produk tersebut memenuhi QCD. 

Selama ini menjalankan usaha, Pak Agus hanya mengandalkan pembelajaran dari keluarga dan kolega, dan kini mendapatkan beragam pelatihan. Pelatihan ini merupakan pengetahuan manajemen dalam menjalankan usahanya. Awalnya Pak Agus belum mengetahui lebih dalam secara manajemen, tergambar dalam struktur manajemen perusahaan dan tata kelola perusahaan yang masih ala kadarnya. Berkat pelatihan ini, perlahan mulai membenahi dalam berbagai hal. 

Beberapa pelatihan yang diikuti oleh CV Anugrah Jaya Mandiri
1. Basic Mentality 
2. Keuangan
3. Marketing
4. 5R 

Bukan hanya 1-2 kali dalam setahun namun pelatihan yang dilakukan oleh YDBA ini dilaksanakan hampir setiap bulan dengan berbagai tema mulai dari keuangan, marketing, Quality Control, 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), dan lainnya. Berkat rajin mengikuti pelatihan, tata kelola perusahaan semakin teratur, kualitas produk meningkat, customer bertambah dan omset penjualan pun melambung naik berkali-kali lipat dari tahun 2016.  

Badai Cobaan Pandemi Dan Menjadi UMKM Mandiri YDBA

Agus-Mulyana-CV-Anugrah-Jaya-Mandiri
Pak Agus Mulyana, Direktur CV Anugrah Jaya Mandiri (Doc: Pribadi)

Pada tahun 2018, kembali dilakukan assessment dan hasilnya sangat mengembirakan, dari semula Madya kini berstatus sebagai UMKM Pra Mandiri. Sebuah peningkatan signifikan dari segala aspek seperti operasional yang excellence. Jumlah karyawan pun bertambah menjadi 8 orang, dari sebelumnya hanya 6 orang. 

Tak disangka Pandemi datang saat perusahaan mulai menanjak naik. Tentu saja pandemi secara tak langsung berdampak pada penurunan omset, namun berkat pembekalan pelatihan dan networking yang dilakukan oleh YDBA, CV Anugrah Jaya Mandiri masih tetap bertahan berkat penanganan manajemen perusahaan dan efisiensi produksi serta perluasan jaringan customer. Hal ini patut disyukuri karena beberapa perusahaan lain tidak berhasil bertahan dan gulung tikar. 

"Saat pandemi, YDBA terus memantau dan bertanya bagaimana kondisi di tengah pandemi seperti ini," Cerita Pak Agus Mulyana saat diterjang badai pandemi dan berhasil bertahan. 

Setahun kemudian, tahun 2021, walaupun pandemi belum usai, CV Anugrah Jaya Mandiri mendapatkan predikat sebagai UMKM Mandiri oleh YDBA. Perjalanannya terbilang cukup mulus dari UMKM Madya di tahun 2016, dan 5 tahun kemudian menjadi UMKM Mandiri serta kini menjadi pilar pemberdayaan masyarakat di sekitar Jakarta dan Bogor. 

"Kalau dihitung-hitung dengan karyawan 30 orang, saya telah membantu 90 orang jika karyawan memiliki anak dan istri," Jelas Pak Agus Mulyana. 

Produk-CV-Anugrah-Jaya-Mandiri
Beberapa Produk CV Anugrah Jaya Mandiri (Doc : Company Profile CV Anugrah Jaya Mandiri)

Kini jumlah karyawan pun bertambah menjadi 60 orang, dari dulu yang hanya berjumlah 3 orang saja. Jenis produk pun berkembang dari 4 jenis, kini hampir 150 jenis produk yang diproduksi untuk sekitar 15 customer. Salah satu customer dari Jepang pun bahkan mengajak kerja sama dalam pengadaan spare part. Sebuah pencapaian yang luar biasa dalam perjalanan 10 tahun lebih usaha ini berlangsung. 

"Seperti yang disampaikan Pak Sam, jika ada label Astra, maka gampang mendapatkan orderan," Pak Agus Mulyana dengan bangga memasang sertifikat UMKM Mandiri dari YDBA di kantornya. 

Kapasitas produksi pun jauh berkembang dari hanya 1 ribu pcs per bulan karena belum dikenal dan tidak luasnya jaringan, kini mampu menghasilkan sekitar 3 juta pcs. Produk yang dihasilkan berupa Wire Part Automotive Component dan Proses Stamping untuk elektronik dan electric Component. 

"Bagi UMKM yang masih khawatir mendaftar, jangan ragu bergabung dan maju bersama YDBA."

Pak Agus Mulyana mengajak seluruh UMKM di Indonesia untuk bergabung dengan YDBA, sebuah wadah binaan yang kompeten dan berdaya saing. Ia mengaku telah mengajak rekannya untuk mengikuti jejaknya menjadi bagian dari YDBA. 

Setelah mencapai kesuksesan, tentu saja dibalik itu terdapat rintangan yang belum banyak yang tahu. Umumnya perusahaan akan mengalami fase 6 bulan, 2 tahun, 7 tahun dan 10 tahun. Dalam proses tersebut dibelakangnya, Pak Agus didorong oleh sosok istri yang selalu mendukung dan memberikan semangat. 

Dalam perjalanannya, banyak rintangan seperti keuangan yang semakin meningkat tentu saja mendorong siapapun terlena, dan Pak Agus pun menghalaunya dengan memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan. Disamping dari dalam, faktor eksternal pun ternyata cukup banyak, seperti wanita dan badai pandemi yang datang tiba-tiba. Beruntung dalam 10 tahun menjalankan usaha, pada saat pandemi perusahaan mampu bertahan bahkan bisa membayarkan THR Karyawan secara penuh. 

Rencananya, CV Anugrah Jaya Mandiri akan memperluas usaha dengan membuka pabrik baru di daerah Kertajati pada tahun 2025 mendatang. Selain itu, Pak Agus Mulyana bercita-cita menjadi rantai pasok utama bagi ASTRA dan menjadi tier 1 dalam lini bisnis ASTRA.  

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Pohon Rindang Yang Menaungi 

Founding-Father-Astra- William-Soeryadjaya
Founding Father Astra - Bapak William Soeryadjaya (Doc: https://biografi-pengusaha-muda.blogspot.com/)

Tak hanya berbisnis, namun William Soeryadjaya, Founding Father Astra memiliki cita-cita menjadikan Astra sebagai Pohon Rindang yang memiliki buah lezat, tempat banyak orang bisa bernaung dibawahnya dan menikmati buahnya. William ingin Astra sejahtera bersama Bangsa dan diwujudkan dalam 4 Pilar yaitu Astra Hijau, Astra Sehat, Astra Cerdas dan Astra Kreatif.

Dengan Astra Kreatif, Astra terus meningkatkan dan menggali potensi lokal untuk membuka peluang usaha kreatif di Masyarakat. Dengan semangat Astra Kreatif inilah diwujudkan dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan sebagai landasan dari Pohon Rindang yang menaungi sekitarnya serta mewujudkan Catu Dharma pertama ASTRA yaitu ”Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”

"Menjadikan Astra bagaikan pohon yang rindang, untuk mengimplementasikan Catu Dharma pertama ASTRA." Jelas Bapak Rahmat Samulo, Ketua Board of Executive dari YDBA. 

"Astra memberikan perhatian bukan hanya bisnisnya saja, namun menyangkut kesejahteraan rakyat kecil," Imbuhnya. 

Bapak Rahmat Samulo, Ketua YDBA (Doc : pribadi)

YDBA dibentuk sebagai institusi yang terbaik di bidang pembinaan dan pengembangan UMKM di Indonesia. Tidak hanya UMKM yang berkaitan langsung dengan Astra, namun UMKM lain pun akan dibina dan dikembangkan. Selain itu, mengembangkan UMKM penunjang rantai nilai bisnis dan mengembangkannya sesuai dengan kompetensi Astra Group dan Stakeholder. 

Dari semenjak YDBA didirikan pada 2 Mei 1980, saat ini sekitar 13 ribu UMKM telah dibina dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 74 ribu. Dengan penyerapan tenaga kerja ini membantu dan membuka lapangan pekerjaan dan perekonomian di seluruh Indonesia. Selain itu, YDBA mampu melahirkan 262 UMKM Mandiri dan menaikan kelas 1.013 UMKM di Indonesia. 

CV Anugrah Jaya Mandiri, salah satu binaan YDBA dan telah menjadi UMKM Mandiri yang berdaya saing dan berkualitas. Jaringan dan customernya pun kini dari berbagai negara.  Perusahaan ini masuk dalam sektor Manufaktur yang dibina oleh YDBA dan #SiapBeraksiUntukNegeri .

Produk-UMKM-Binaan-YDBA
Doc : Pribadi

Selain manufaktur, sektor lain adalah Bengkel Umum. Bengkel umum dibina agar pelayanannya professional dan manejemen terstruktur seperti bengkel resmi dari Toyota, Isuzu dan lainnya. Selanjutnya sektor kuliner dan kerjinan yang dibina untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produknya. 

Untuk sektor pertanian, perusahaan menciptakan nilai tambah dengan menerapkan metode khusus, seperti pada budidaya buah naga yang meningkatkan hasil panen. Di Puncak, petani didorong untuk beralih ke pertanian organik, yang meningkatkan harga jual hingga 10-15 kali lipat. Mereka juga diajarkan untuk menggunakan kompos, mengurangi biaya produksi, dan dijodohkan dengan pembeli yang mencari produk organik, baik domestik maupun ekspor. YDBA hadir dengan inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih, menjadikan pertanian ini berbeda dari konvensional. Inilah semangat kolaborasi dan invovasi yang memberikan nilai tambah dari sebuh UMKM. 

Saat pohon itu telah rindang dan berbuah, ia akan menaungi pohon-pohon kecil lain dibawahnya. Seperti itulah filosofi YDBA yang membina dan  mengembangkan UMKM, implementasi dari Astra, Sejahtera bersama Bangsa. 

Informasi CV Anugrah Jaya Mandiri : 

Email : anugrah@ajma.co.id 

Informasi YDBA : 

Website : https://ydba.astra.co.id/

Email : hello@hebatnyaukm.org


Referensi : 
- https://ydba.astra.co.id/
- Kunjungan ke kantor YDBA, Sunter
- Company Profile CV Anugrah Jaya Mandiri dan Profile AJM 2010-2024

You Might Also Like

0 Comments