Suara dari Palestina: Kisah Kehidupan di Tengah Konflik

8/01/2024 12:01:00 AM

 

Dentuman keras terdengar dari langit. Awan tebal berwarna hitam menyelimuti. Gaza kini mencekam, piung-puing bangunan, debu-debu berterbangan, suara sirine ambulance dan ratapan warga menjadi potret yang terekam belakangan ini. Seperti kota mati dengan kondisi air dan listrik serta jaringan komunikasi pun terputus. Gelap dan sunyi. Namun, dibalik kelamnya kehidupan, namun warga Gaza pun tetap bersemangat menghadapi konflik yang dimulai dengan perebutan wilayah di tanah Palestina. 

Kisah trenyuh itu dimulai 1 abad lalu, saat Menteri Luar Negeri Inggris pada tahun 1917 yang berisi "mendirikan rumah nasional bagi orang-orang Yahudi di Palestina" dan memfasilitasi "pencapaian tujuan ini". Dengan dalih inilah kemudian orang Yahudi terus berdatangan ke wilayah Palestina. Puncaknya pada 1948, Sekitar 78 persen wilayah Palestina telah dikuasai oleh kaum Yahudi dan mendirikan sebuah negara di dalam Palestina. 

Dengan dikuasain 78 persen wilayah tersebut, tak membuat perebutan wilayah itu berhenti, bahkan mereka ingin mengusir seluruh penduduk Palestina dari tanah kelahiran mereka dengan dalih sebagai "Tanah Dijanjikan untuk keturunan Ya'qub". 

Kini, hanya tersisa hanya beberapa wilayah seperti Tepi Barat dan  Jalur Gaza. Dengan mengorbankan seluruh harta benda dan nyawa, kedua wilayah ini merupakan benteng terakhir dari Palestina. Di wliayah ini pun terdapat Masjidil Aqsa, tempat Nabi Muhammad SAW melakukan Isra dari Mekkah. Sebelum akhirnya Nabi melakukan Mi'raj. 

Aksi Solidaritas Untuk Palestina 


Pengorbanan warga Palestina untuk bertahan dari gempuran baik dari langit dan jalur bawah tanah, patut mendapatkan aksi solidaritas dari sesama muslim maupun warga negara yang menjunjung tinggi kemanusiaan. Walaupun, masih dari sempurna, aksi solidaritas ini merupakan sebuah dukungan baik berupa dukungan baik dalam bentuk postingan di sosial media, dukungan langsung ke Palestina, bantuan baik dana maupun benda yang dibutuhkan oleh warga Palestina. 

Dukungan Konvoi Dan Pawai Protes

Dalam beberapa kesempatan, Warga masyarakat baik di Indonesia maupun di seluruh Dunia melakukan konvoi dan pawai sebagai bagian dari aksi solidaritas untuk mendukung Palestina. Dukungan ini sangatlah berarti karena sebagai kiriman semangat dan dukungan atas perjuangannya selama ini. 

Kampanye Boikot Produk 

Serti aksi protes dan pawai untuk mendukung Palestina, menyuarakan untuk memboikot produk yang secara terang-terangan berafiliasi dengan penyumbang dana atau perusahaan yang tidak menyetujui Palestina. Dengan boikot ini, merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mendukung dan membuat perusahaan tersebut mengalami kerugian sehingga terdampak dengan aksi yang dilakukan. 

Memberikan Informasi Di Media Sosial

Melalui media sosial, suara apapun tentang Palestina ini tentu saja akan memberikan dukungan yang berarti. Media Sosial selama ini memberikan warna dan merupakan media yang efektif untuk menjangkau ke seluruh Masyarakat. Media sosial akan memperluas informasi yang terjadi dan memberikan dukungan baik materi non materi sehingga akan tersampaikan secara merata di masyarakat. 

Dukungan Dana Untuk Palestina 

Selain mendukung melalui sosial media, aksi protes, kampaye boikot, hal yang bisa dilakukan adalah dengan dukungan dana melalui penyelanggara seperti Rumah Zakat. Dengan dukungan ini, maka warga Palestina di tengah konflik bisa mendapatkan bantuan berupa sarana dan prasarana seperti obat-obatan, makanan, pakaian, tenda dan lain-lain sehingga bisa meringankan beban yang selama ini ditanggung karena terjadinya perebutan wilayah yang tidak kunjung usai dari 100 tahun lalu. 

Love For Palestine Dari Rumah Zakat 

Rumah Zakat mendukung kampanye Love for Palestina melalui berbagai program kemanusiaan. Dukungan ini meliputi penyaluran bantuan darurat, seperti makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya, kepada warga Palestina yang terkena dampak konflik. Rumah Zakat juga berupaya membangun kesadaran di masyarakat Indonesia tentang situasi di Palestina melalui kampanye edukatif dan penggalangan dana. Dengan semangat kemanusiaan dan solidaritas, Rumah Zakat terus berkomitmen membantu masyarakat Palestina untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan damai.


You Might Also Like

0 Comments