Indibiz : Wujudkan Harapan UKM Indonesia Go Digital

6/12/2024 11:30:00 PM

 

Pada saat jalan-jalan ke Yogyakarta, Saya mendapati beberapa produk lokal taraf internasional. Bukan hanya karena kualitasnya saja, namun secara value produk ini sudah layak berada di jajaran etalase luar negeri bersanding dengan produk-produk dari negara luar lainnya. Namun, ternyata produk ini masih berkutat dengan pemasaran mulut ke mulut, bahkan etalase online pun hanya sebatas wacana. Pemiliknya berlindung dibalik kata ‘Gaptek’ dan pasrah dengan penjualan di area Yogyakarta dan sekitarnya. 

Dalam benak saya tentu saja penjualan online akan sangat membantu, dibantu dengan pengiriman logistik tentu saja akan menciptakan peluang dan mewujudkan harapan sebagian pelaku UKM di Indonesia yang ingin Go Digital. Solusi Digital, itulah yang diharapkan pelaku UKM dengan sumber daya terbatas namun bisa memaksimalkan dengan Indibiz sebagai jembatannya.

Hal ini menjadi kabar gembira yang datang dari Indibiz untuk para pelaku usaha di bidang kesehatan, energi, dan logistik. Mulai Juni tahun ini, ekosistem solusi digital Telkom tersebut memperluas lini bisnisnya dengan menambahkan Indibiz Health untuk sektor kesehatan, Indibiz Energi untuk sektor energi, dan Indibiz Ekspedisi untuk sektor logistik.

Ketiga sektor bisnis baru ini melengkapi empat sektor yang sebelumnya telah digarap oleh Indibiz, yaitu Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, dan Indibiz Multifinance. Sebagaimana yang saya baca tadi pagi bahwa VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Tanto Suratno, menjelaskan Indibiz Health, Indibiz Energi, dan Indibiz Ekspedisi merupakan pelengkap dari ekosistem Indibiz yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di bidang kesehatan, energi, dan logistik.

“Kehadiran Indibiz Health, Indibiz Energi, dan Indibiz Ekspedisi semakin memperkuat posisi Telkom yang kini fokus menggarap pasar business to business (B2B), khususnya bagi para pelaku usaha di sektor-sektor tersebut di seluruh Indonesia,” ujar Tanto yang dikutip Pikiran rakyat. Dengan adanya tambahan lini bisnis ini, Telkom berharap dapat memberikan solusi digital yang efisien dan mendukung transformasi serta pertumbuhan bisnis di berbagai sektor di Indonesia. 

Indibiz Hadirkan Health, Indibiz Energi, dan Indibiz Ekspedisi Untuk Pelaku UKM di Indonesia

Indibiz Wujudkan Harapan UKM Indonesia
Produk Kerajinan dari Indonesia 

Indibiz memperluas ekosistem solusi digitalnya beberapa waktu setelah Telkom bagi-bagi dividen. Ini menunjukkan bahwa inovasi menciptakan solusi digital tidak mengenal batasan waktu. kemajuan dan keberlanjutan bisnis, khususnya bagi pelaku UKM di seluruh Indonesia menjadi prioritas – saya setuju jika sekiranya demikian. Dengan adanya lini bisnis baru ini, Indibiz semakin memperkuat posisinya dalam memberikan solusi digital yang inovatif dan efisien.

Sebagaimana yang saya baca melalui Pikiran Rakyat, tiap sektor, atau “island” dalam istilah mereka memiliki produk unggulannya masing-masing. Di antaranya,

Indibiz Health 

Indibiz Health menawarkan produk unggulan bernama Healthical, sebuah Sistem Informasi Manajemen (SIM) terpadu untuk fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas. Healthical dirancang untuk memudahkan, mempercepat, dan mengembangkan layanan di setiap fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi standar SATUSEHAT dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sesuai dengan standar Health Level Seven International. Solusi digital ini sangat ideal untuk pelaku usaha di sektor kesehatan, termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik, dan praktik dokter, karena dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan kesehatan.

Indibiz Energi 

Indibiz Energi menghadirkan solusi digital seperti Smart Water Meter, yang memungkinkan pencatatan penggunaan air secara real-time dan integrasi produk digital untuk kontrol yang efektif. Dengan infrastruktur yang tersebar di seluruh negeri dan layanan customer service digital, Indibiz Energi siap membantu bisnis di sektor energi, terutama layanan penyedia air, dengan memberikan solusi yang efisien dan mudah diakses.

Indibiz Ekspedisi

Adapun Indibiz Ekspedisi, Indibiz menghadirkan solusi digital melalui Antares Fleet Management solusi layanan terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan visibilitas kegiatan operasional perusahaan. Khususnya untuk melakukan monitoring logistik. Beberapa perusahaan yang telah disolusikan dan dilakukan pendekatan, sangat bervariasi mulai dari perusahaan Pertambangan, Pertanian, Niaga, dan Perusahaan Ekspedisi. Melalui Layanan yang ditawarkan, Perusahaan dapat melakukan tracking dalam armada yang dimiliki, seperti Armada truk, atau kapal yang ada di pelabuhan.

Dengan adanya Indibiz Ekspedisi, pelaku usaha di bidang transportasi, pergudangan, dan logistik dapat menikmati kemudahan operasional yang sepenuhnya digital. Platform ini membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional logistik, sehingga bisnis dapat berjalan lebih lancar dan lebih terorganisir. Indibiz Ekspedisi merupakan bagian dari upaya Telkom untuk mendukung transformasi digital di sektor logistik dan transportasi di Indonesia.

Indibiz Ekspedisi mendorong UKM Go Digital dalam sistem pengiriman dan bisa meningkatkan efisiensi sehingga tidak membutuhkan biaya yang lebih besar karena manajemen ekspedisi ini sangat lengkap menggunakan Indibiz Ekspedisi. Tak main-main jangkauan ekspedisi pun merata ke pelosok negeri sehingga pelaku UKM di daerah terpencil pun akan bisa menikmatinya.

Harapan UKM untuk go digital dan go internasional lambat laun pun akan terwujud dengan dorongan dari Indibiz. Saya bisa merasakannya begitu. Indibiz mendukung berbagai bidang di masyarakat sehingga pelaku UKM pun akan terus ciptakan peluang dan wujudkan harapan.  Hal ini adalah semangat untuk membantu para pelaku usaha di berbagai sektornya agar akselerasi digital pelaku usaha di Indonesia semakin menggeliat dan bisnis yang dijalankan terus maju dan berkelanjutan.


You Might Also Like

0 Comments